Senin, 12 September 2011

Stasiun Blitar



stasiun blitar tampak dari depan

Stasiun Blitar (BL) adalah stasiun kereta api yang terletak di kelurahan Kepanjenkidul, Kecamatan Kepanjenkidul, Kota Blitar. Tepatnya di Jalan Mastrip yang dekat dengan pusat kota. Stasiun yang terletah pada ketinggian sekitar 167 meter di atas permukaan laut ini merupakan stasiun paling barat di Daerah Operasional VIII Surabaya lintas Surabaya-Blitar lewat Mlang maupun Kertosono. Di stasiun ini terdapat dipo lokomotif dan bekas jembatan putar lokomotif.

  Stasiun Blitar dibangun oleh perusahaan kereta api negara Staatsspoorwegen (SS) dan dibuka pada 16 Juni 1884, stasiun ini merupakan stasiun dengan desain yang baru yang diperbaiki pada akhir tahun 50an, mempunyai tata arsitektur Indische, terlihat dari bangunan depan pintu masuk stasiun yang menjulang serta ornamen pintu dan jendela menandakan bahwa bangunan stasiun tersebut dibangun dengan gaya arsitektur barat, Overkapping yang menggunakan rangka penopang berbahan dasar kayu menambah salah satu keunikan stasiun ini. 

stasiun blitar tahun 1884

stasiun blitar di sore hari

Terdapat sebuah dipo lokomotif, dipo kereta, dan menara air, menandakan bahwa Stasiun Blitar dahulunya adalah Stasiun ramai dengan berbagai aktifitasnya, dari aktifitas pergantian lokomotif uap, langsiran penambahan atau pengurangan kereta. Akan tetapi saat ini aktifitas tersebut sudah tidak dapat ditemukan kembali di emplasemen Stasiun Blitar, semenjak Dipo perawatan lokomotif difokuskan ke dipo lokomotif Malang dan Sidotopo, otomatis aktifitas dipo lokomotif Blitar menjadi sepi dan hanya melayani perawatan lokomotif yang akan berdinas.
dipo lokomotif

menara air yang masih berfungsi saat ini

Stasiun Blitar termasuk stasiun besar yang terdapat di DAOP 8 Surabaya, semua kereta api ekonomi, bisnis, eksekutif berhenti di Stasiun ini, berikut jadwal kereta api yang menuju Blitar dari Jakarta, Bandung, dan Surabaya.


Entah, sudah berapa kali yaa kita singgah dan melewati stasiun ini. Sudah tidak terhitung lagi dech. Gara-gara si kecil ananda kami, Ahmad Aji sangat suka dengan "sepur", akhirnya kam isebagai orangtua juga doyan & senang naik sepur tuut tuut. 

aji kecil di stasiun blitar

Beruntunglah saat ini, kondisi dan pelayanan perkeretaapian sudah lebih baik dibanding dahulu, sehingga penumpang merasa lebih nyaman, senang dan enjoy menikmati enaknya naik kereta api 9meskipun itu ekonomi lho)...so...jangan takut tuk mencoba dan menikmati liburan ataupun aktifitas dengan naik noda transportasi kereta Api...semoga ke depannya perkeretaapian di Indonesia lebih maju dan jaya.
salam railfans tuk semuanya...tuuut...tuuut...tuuut...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar