Minggu, 01 Januari 2012

Stasiun Singosari

Stasiun Singosari (SGS) adalah stasiun kereta api yang terletak di desa Pagentan, Kecamatan Singosari, kabupaten Malang. Stasiun terdekat sebelum stasiun Singosari jika dari arah kota Malang adalah stasiun Blimbing dan sesudahnya adalah stasiun Lawang.

aji & Eyang Kakung di stasiun singosari
Stasiun Singosari terletak tidak jauh dari jalan raya (jalur utama) Malang-Surabaya. Stasiun yang terletak di Daerah Operasi VIII Surabaya ini berada pada ketinggian +478 m dpl.

Saat aji masih berumur 2 tahun, aji sudah sangat suka dengan keret api. Jika aji tidak doyan makan, maka ayah dan ibu akan mengajak aji jalan-jalan di sekitar stasiun Singosari untuk melihat kalau ada sepur yang lewat. Betapa senangnya hati aji, sehingga aji akan lahap disuapi makan oleh ibu. Apalagi kalau suasana sepi, maka aji bisa dengan sepuasnya bermain, berlarian dan melompat di rel-rel yang ada di stasiun Singosari.

berpose dulu di stasiun singosari

Sudah ndhak kehitung lagi dech, berapa kali aji bermain & rekreasi di stasiun Singosari yang murah meriah ini. Dan sudah tidak kehitung lagi ya berapa banyak kesempatan yang pernah aji lalui dengan naik kereta api ekonomi berangkat dari stasiun Singosari menuju Kediri. Padahal tujuan aji bersilaturrahmi kerumah eyang kakung & eyang putri di kota Pare, Kediri. Meskipun harus ditempuh dalam waktu yang lebih lama, tetapi ada rasa senang, gembira & kepuasan tersendiri di hati kami. Bisa bercengkerama, ngobrol, bermain, tidur dan melihat pemandangan di saat menaiki sepur tuut tuut tuut.

stasiun singosari dari sisi timur

Aji sering naik kereta api lewat jalur selatan, naik dari stasiun Singosari terus ke stasiun Malang (Malang Kotabaru) dilanjutkan ke arah Blitar melalui bendungan Karangkates menuju stasiun Kediri. Terkadang aji dan orangtua naik kereta api lewat jalur utara. Dari stasiun Singosari aji naik kereta api ekonomi jurusan Surabaya. Kemudian turun di stasiun Gubeng, Surabaya. Dari stasiun Gubeng aji naik kereta api lagi yang melewati stasiun Jombang. Baru kemudian aji menuju kota Pare (biasanya om aris & alm. Eyang Kakung menjemput aji di stasiun Jombang). Demi membahagiakan aji, mereka berkenan menjemput aji di stasiun Jombang ataupun menjemput aji di stasiun Kediri. Terimakasih teruntuk alm. Eyang Kakung Pare dan thanks for om Aris & om Andri yang sayang banget sama aji. Juga eyang kakung & eyang uti malang & om aan yang dengan setia mengantar & menjemput aji di stasiun singosari ataupun di stasiun malang kotabaru.
di bawah ini ada beberapa gambar yang berhubungan dengan stasiun singosari:

kereta api melintas di stasiun singosari


rel di stasiun singosari

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar